Kunjungan Ke Museum Polri

Sudahkan kalian mengenal institusi kepolisian Republik Indonesia atau yang lebih sering disebut dengan Polri? Kalau belum, ada tempat yang pas bagi kalian untuk mengenal lebih dalam tentang kepolisian yaitu Museum Polri.

Museum Polri sendiri berada di daerah Jakarta Selatan, lebih tepatnya di Jl. Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru.

Jadwal Kunjungan:

Kalian dapat berkunjung ke museum ini dari Senin s.d Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Pengalaman Kunjungan:

Saya berkunjung ke Museum Polri pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018 pada pukul 13.30. Awalnya saya hanya iseng-iseng mencari tempat untuk menghabiskan waktu saya.

Akhirnya saya menemukan museum ini dari internet dan saya rasa akan menyenangkan untuk mengetahui sejarah kepolisian selama ini, terlebih saya belum terlalu mengenal sejarah dari kepolisian itu sendiri.

Saya pun memutuskan untuk pergi ke museum ini setelah mengikuti kegiatan tes review di sekolah saya. Mudah saja mengenali museum ini dari luar karena ada helikopter besar yang terpajang di depannya. Selain itu ada juga kendaraan lapis baja milik kepolisian.

Kunjungan ke Museum Polri

Kunjungan ke Museum Polri

Kalian juga dapat melihat tulisan Museum Polri terpampang jelas di gedung depan museum ini…

Kunjungan ke Museum Polri

Untuk masuk ke museum ini kalian tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Kalian hanya perlu menitipkan kartu identitas kalian seperti KTP atau kartu pelajar. Kalian juga diharuskan meletakan barang bawaan di dalam loker yang telah disediakan.

Saat memasuki lobby kalian akan langsung disambut dengan pemandangan seperti yang dapat kalian lihat dibawah ini…

Kunjungan ke Museum Polri

First Impression

Kesan pertama yang saya dapatkan saat memasuki museum ini adalah nyaman dan menarik. Saya katakan nyaman karena di museum ini udaranya cukup dingin dan penerangan yang diberikan juga sangat mencukup.

Resepsionis disana juga cukup ramah dalam menyambut pengunjung-pengunjung yang datang. Saya pun diingatkan untuk mengambil buku pegangan yang berisi rangkuman dari museum ini.

Saya merasa museum ini cukup menarik karena bukan hanya menyajikan tulisan-tulisan namun juga menyajikan benda-benda yang berhubungan dengan kepolisian. Seperti contohnya ada mobil polisi asli di ruangan pertama museum ini.

Kunjungan ke Museum Polri

Sisi dalam Museum Polri

Museum Polri terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Ruang Sejarah
  2. Ruang Koleksi dan Peristiwa
  3. Hall of Fame
  4. Ruang Kepahlawanan
  5. Ruang Penegakan Hukum
  6. Ruang Simbol dan Kesatuan
  7. Ruang Labfor

Walaupun terdiri atas beberapa ruangan. Namun sebenarnya masing-masing ruangan saling menopang untuk menjelaskan tentang sejarah kepolisian Republik Indonesia.

BACA JUGA:

Lantai 1

Di dalam ruang sejarah kalian akan dijelaskan tentang perubahan-perubahan yang terjadi di dalam tubuh Polri sejak dulu hingga sekarang.

Di dalam ruang ini juga terdapat koleksi senjata-senjata yang digunakan kepolisan dari dulu hingga sekarang. Ruang ini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan senjata-senjata, karena pada ruang ini kalian bukan hanya dapat melihat namun juga dapat memegang beberapa senjata besar.

Kunjungan ke Museum Polri

Di ruangan Koleksi dan Peristiwa kalian dapat melihat koleksi-koleksi peralatan polisi sejak dulu hingga sekarang. Mulai dari kendaraan hingga alat-alat canggih yang digunakan dalam misi intelijen.

Kunjungan ke Museum Polri

Bagi kalian yang sering menonton film-film penyelidikan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah lie detector, ternyata kepolisian kita juga memiliki alat semacam itu lohh. Tidak percaya?? Kalian bisa lihat foto dibawah ini…

Kunjungan ke Museum Polri
Lie Detector

Selain ada alat-alat canggih tersebut, kalian juga dapat melihat diorama perkembangan kepolisian dari zaman sebelum kemerdekaan.

Kunjungan ke Museum Polri

Pada ruangan Hall of Fame kalian dapat melihat benda-benda pribadi milik mantan petinggi-petinggi polisi. Mulai dari baju dinasnya hingga tongkat komando milik mereka.

Lantai 2

Di lantai dua ini kalian akan disuguhkan dengan perkembangan sejarah dari logo kepolisian hingga pangkat-pangkat polisi. Kalian juga dapat melihat armada-armada yang dimiliki oleh kepolisian kita seperti replika dari pesawat dan kapal laut.

Kunjungan ke Museum Polri
Kapal Laut Pertama milik Kepolisian

Selain itu kalian juga dapat melihat alat-alat canggih yang digunakan oleh tim investigasi dalam memacahkan berbagai macam jenis kasus. Mulai dari kasus narkoba hingga kasus pembunuhan.

Selain itu di lantai 2 ini kalian juga dapat melihat robot yang sering digunakan untuk menjinakan bom. Pasti kalian sudah pernah melihatnya di TV kan? Tapi belum pernah melihatnya secara langsung kan?

Di museum ini kalian dapat langsung melihatnya, bahkan kalau sedang ramai mungkin robotnya dapat digerakan oleh pegawainya. Namun saat saya kesana, museum ini sepi jadi beberapa TV dan alat penjelas lainnya dalam kondisi mati.

Kunjungan ke Museum Polri
Robot Penjinak Bom

Satu hal yang membedakan museum ini dengan museum-museum lain yang saya pernah kunjungi adalah adanya kids corner. Jadi museum ini bukan hanya ramah bagi orang dewasa namun juga ramah bagi anak-anak.

Saya rasa ini adalah suatu terobosan yang baik sehingga bukan hanya orang dewasa yang dapat mengenal kepolisian namun juga anak-anak kecil dapat mengenal dan menjadi dekat dengan kepolisian.

Kunjungan ke Museum Polri
Kids Corner

Masih banyak hal yang kalian bisa lihat di museum ini. Foto-foto yang saya berikan tidak dapat mewakilkan betapa banyaknya barang-barang yang dipajang disana. Jadi jangan puas hanya melihat foto-foto diatas, rasakan pengalaman yang berbeda dengan berkunjung langsung ke Museum Polri

Kesan

Museum ini cukup layak untuk menjadi bahan pembelajaran bagi semua kalangan. Melalui museum ini kita dapat mengenal kepolisan dan mengenal jasa-jasanya yang jarang terekspos berita.

Saya rasa setelah mengunjungi Museum Polri ini, saya merasa bahwa Polri memiliki kekuatan yang cukup untuk melindungi negara ini. Saya juga menemukan bahwa dibalik berita-berita kotor tentang oknum-oknum polisi yang sering tersebar, ternyata ada juga beberapa berita baik yang jarang diberitakan.

Jadi kalau kalian sedang berada di daerah Jakarta Selatan jangan lupa berkunjung ke Museum Polri. Pasti kalian akan mendapatkan pengetahuan baru yang akan bermanfaat bagi diri kalian.

Terima kasih telah membaca… Jangan lupa tinggalkan komentar yang membangun.

Bagikan cerita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *