Kunjungan ke Perpustakaan The Japan Foundation

Selamat datang di Blog saya… Saya disini ingin membagikan pengalaman saya mengunjungi perpustakaan The Japan Foundation dan juga perpustakaan di Kedutaan Besar Jepang.

Jadi pada tanggal 29 Oktober 2018 saya mengunjungi dua buah perpustakaan, yaitu yang berada di Kedutaan Besar Jepang dan perpustakaan The Japan Foundation.

Saya pergi ke kedua perpustakaan ini ditemani oleh seorang teman saya. Singkat cerita memang kami berdua tertarik dengan Bahasa Jepang. Namun teman saya ini sudah bisa berbahasa Jepang sedangkan saya belum bisa.

Pertama saya mengunjungi perpustakaan yang berada di dalam Kedutaan Besar Jepang yang berada di  Jl. M.H. Thamrin No.24, Jakarta Pusat.

Perpustakaan Di Kedutaan Besar Jepang

Saya tahu bahwa di dalam kedutaan besar Jepang ada sebuah perpustakaan dari internet. Lalu saya pun memutuskan untuk pergi ke sana untuk sekedar melihat-lihat.

Jadwal Operasional:

Senin s.d. Jumat pukul 09.00-12.00 WIB dan 13.30-15.30 WIB

Pengalaman

Untuk masuk ke dalam Kedubes Jepang hanya dibutuhkan kartu tanda pengenal, baik itu KTP maupun kartu pelajar.

Pengamanan di gedung kedutaan sangat ketat jadi jangan panik jika pintu yang akan kalian tuju terkunci, karena semua pintu dikontrol oleh penjaga yang bertugas.

Saat saya sudah berada di dalam gedung kedutaan, disana ramai orang mengantri untuk membuat visa agar bisa pergi ke Jepang.

BACA JUGA:

Namun saya langsung menuju ke tujuan utama saya, yaitu perpustakaan Kedubes Jepang. Perpustakaan ini berada di lantai 2, jadi cukup menaiki tanggal sekali dan kalian sudah bisa melihat perpustakaanya.

Ruangan perpustakaanya tidak terlalu luas, namun pencahayaannya cukup. Perpustakaan ini didominasi oleh warna putih pada dindingnya.

Buku-buku yang ada di perpustakaan ini cukup berat bagi pemula seperti saya ini. Tidak ada buku pembelajaran bahasa, yang ada adalah buku-buku terkait dengan sejarah Jepang dan banyak buku tentang dasar-dasar ilmu lainnya.

Baru saja saya duduk untuk membaca buku, datanglah seorang ibu dengan anaknya. Ternyata anaknya ingin mencari informasi tentang beasiswa ke Jepang.

Selain bisa membaca buku-buku, di perpustakaan ini juga kalian dapat bertanya-tanya terkait dengan beasiswa untuk ke Jepang. Orang-orang disana juga ramah-ramah kok. Jadi kalian tidak perlu takut.

Saya sangat ingin membagikan foto dari perpustakaan ini. Namun saya tidak diijinkan untuk mengambil gambar di perpustakaan ini. Jadi kalau kalian penasar bisa langsung datang ke perpustakaan di Kedubes Jepang.

Biaya masuknya juga gratis kok dan pastinya terbuka untuk umum…

Perpustakaan The Japan Foundation

Setelah melihat perpustakaan yang berada di kedutaan besar Jepang saya tidak begitu saja puas. Saya pun memutuskan untuk mengunjungi salah satu perpustakaan berbau Jepang lainnya, yaitu Perpustakaan The Japan Foundation.

Perpustakaan ini terletak di Gedung Summitmas lantai 3 yang berada di Jl. Jend. Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jadwal Operasional

  • Senin, Selasa, Kamis, Jumat pukul 9.30-18.00 WIB
  • Sabtu pada minggu ganjil (1,3,5) pukul 09.00-12.00 WIB

Pengalaman

Perpustakaan ini cukup luas jika dibandingkan dengan perpustakaan di Kedutaan Besar Jepang. Koleksi-koleksi bukunya juga lebih beragam.

Di perpustakaan ini ada juga buku untuk belajar Bahasa Jepang. Mulai dari N5-N1. Buku-bukunya banyak yang impor dari Jepang, jadi bukan buku terbitan dari Indonesia. Jadi kalau kalian membelinya di luaran pasti harganya sangat mahal.

Namun disini kalian dapat membacanya dengan gratis dan nyaman karena disediakan juga kursi dan meja untuk membaca… Seperti yang tampak dibawah ini…

Disini suasananya sangat nyaman untuk membaca, karena selain hening, disana juga udaranya dingin dan cukup pencahayaan.

Di perpustakaan ini buku-bukunya tertata secara rapi pada rak-rak buku seperti dibawah ini..

Bagi kalian yang tidak puas membaca di tempat, kalian juga dapat meminjam buku dari perpustakaan ini. Namun kalian diharuskan membuat member terlebih dahulu agar bisa meminjam.

Namun proses pembuatan member tidaklah singkat. Ada proses yang cukup panjang dalam pembuatannya.

Pertama kalian harus mengajukan pengiriman formulir yang nantinya akan dikirimkan ke alamat rumah kalian. Setelah menerima formulir, kalian harus datang lagi ke perpustakaan ini untuk mengambil kartu member kalian diserta dengan proses pembayaran.

Namun jangan khawatir, harga membershipnya masih manusiawi kok, tabel harganya bisa dilihat dibawah…

Perpustakaan The Japan Foundation

Tidak mahal bukan???

Jadi tunggu apa lagi?

Ayo tingkatkan minat literasi Bangsa Indonesia….

Sekian dan Terima Kasih…

Bagikan cerita ini:

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *