Pengalaman Bersekolah di SMA Kanisius Jakarta

Selamat datang di blog saya. Pada tulisan kali ini saya akan menceritakan pengalaman bersekolah di SMA Kanisius Jakarta. Semoga bisa membantu…

Menempuh pendidikan di Kolese Kanisius adalah hal terbaik yang pernah saya alami. Berawal dari sebuah acara cerdas cermat di salah satu stasiun TV swasta lah saya mengenal SMA Kanisius…

Hingga saya memutuskan untuk mendaftar dan mengikuti tes masuk Kolese Kanisius seperti yang bisa kalian baca dibawah ini:

Tidak terasa sudah 3 tahun saya melewati lika-liku kehidupan di salah satu sekolah swasta katolik homogen (baca:cowok semua) yang berada di Kawasan Menteng, yaitu SMA Kanisius atau yang sering disebut CC (baca:sèsè).

Pendidikan di Kolese Kanisius Jakarta
Tampak Depan Kolese Kanisius

Awalan

Pada awal-awal saya masuk di SMA Kanisius pada tahun 2016, saya tidak memiliki gambaran apapun terkait dengan seluk beluk yang akan saya hadapi selama tiga tahun kedepannya. Oleh karena itu setelah saya lulus sekarang ini, saya ingin menceritakan beberapa pengalaman saya selama menempuh pendidikan di Kolese Kanisius Jakarta.

Harapannya saya dapat memberikan sedikit gambaran bagi teman-teman semua yang ingin masuk atau mungkin sedang mengikuti pendidikan di Kolese Kanisius.

Perjalanan Pendidikan

Kelas 10

Pengalaman bersekolah di SMA Kanisius Jakarta dimulai saat saya masuk sebagai siswa kelas 10. Masa-masa dimana saya tidak memiliki gambaran apapun terkait sekolah ini. Di masa inilah mental kalian paling diuji.

Bagaimana tidak?

Kalian harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang mungkin berbeda kondisi saat kalian masih SMP, terlebih bagi teman-teman yang tidak berasal dari SMP CC.

Pada angkatan saya terdapat enam kelas IPA dan dua kelas IPS. Kebetulan saya ditempatkan di kelas X-6. Masing-masing kelas kurang lebih terdiri dari 30 siswa. Pada masa awal-awal ini kalian akan menemukan teman-teman baru dengan kepribadian baru yang pastinya menambah kemampuan kalian dalam bersosialisasi.

Pada saat kalian kelas 10 ini akan ada beberapa kegiatan yang memang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya, yaitu:

  1. MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)
  2. ILT ( Ignatian Leadership Training)
  3. Jambore

Saya akan berusaha membahasnya satu-satu secara singkat saja. Namun bisa saja untuk tahun kalian akan ada beberapa perubahan. Jadi mari mulai…

  • MPLS

MPLS adalah masa dimana kalian akan dikenalkan dengan lingkungan sekolah. Kalian akan diajak untuk berkeliling sekolah dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang mendorong kalian untuk berkenalan dengan teman-teman seangkatan.

MPLS mirip seperti MOS saat SMP. Namun yang membedakan hanya ini dilakukan di SMA dan tidak menggunakan atribut seperti pada masa SMP.

  • ILT (Ignatian Leadership Training)

Bagi kalian yang sudah sering mengikuti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) atau kederisasi OSIS saat SMP mungkin sudah memiliki gambaran terkait kegiatan ini. Dikarenakan kalian masih dalam fase perubahan dari SMP menuju SMA, maka dibutuhkan kegiatan yang akan membentuk mental kalian sebagai seorang Kanisian.

Mungkin kegiatan ini akan membuat kalian cukup lelah dikarenakan banyak tugas baik tugas di sekolah maupun tugas di rumah. Namun percayalah, saat kalian nanti lulus, kalian akan merindukan masa-masa seperti ini.

  • Jambore
Jambore SMA Kanisius 2016

Di SMA Kanisius tidak adak ekstrakurikuler pramuka. Namun jangan menganggap remeh kemampun siswa SMA Kanisius dalam bertahan hidup di alam. Pada kegiatan inilah kalian akan dibentuk menjadi pribadi yang Tangguh dan kuat.

Pada masa saya, kegiatan jamboree dilakukan di Gunung Puntang, Bandung. Ada beberapa kemampuan yang akan kalian dapatkan melalui kegiatan ini, diantaranya kalian dituntut untuk bisa mendirikan tenda, membaca kompas dan membaca peta.

Melalui kegiatan ini, kalian akan menjadi pribadi yang lebih mandiri dan pastinya tidak takut kotor, karena saya sendiri tidak mandi selama 4 hari….

Selain kegiatan rutin yang disebutkan diatas, biasanya setiap tahun selalu ada acara, baik itu event perlombaan olahraga maupun kesenian. Pada saat saya kelas 10, ada event yang bernama “Casanova”.

Casanova SMA Kolese Kanisius 2017

Casanova berisikan perlombaan di bidang seni dan keterampilan, seperti paduan suara, modern dance, English debate dll.

Secara keseluruhan kelas 10 di Kolese Kanisius dipenuhi oleh kegiatan yang ditujukan untuk membentuk mental dak karakter yang tangguh. Pastinya akan melelahkan. Namun saat kalian mampu melewati itu semua kalian akan sensasi yang berbeda…

Saran saya untuk menghadapi kelas 10 adalah kalian harus benar-benar mengatur waktu untuk menyeimbangkan waktu belajar dengan kegiatan. Jangan sampai karena banyaknya kegiatan, kalian melalaikan kewajiban untuk belajar. Bila konsep materi kalian di kelas 10 tidak kuat, maka kalian sendirilah yang akan kesulitan dalam menjalani di jenjang selanjutnya.

Bila kalian survive di kelas 10, SELAMAT!!! Mari lanjut ke jenjang selanjutnya.

Kelas 11

Bila di kelas 10 perjalanan kalian akan dipenuhi dengan kegiatan, berbeda dengan kelas 11 ini. Kalian akan dihadapkan dengan banyak materi pelajaran. Namun diselingi oleh banyak kegiatan juga pastinya.

Pada saat saya kelas 11, ada peraturan baru dimana murid hanya bisa mengikuti remedial sebanyak satu kali setiap semesternya untuk masing-masing mata pelajaran. Hal ini tentunya membuat beban kami lebih berat, terlebih karena dalam satu hari bisa saja ada 3 ulangan.

Bila kalian giat belajar dan memperhatikan pasti kalian bisa kok. Kalau saya saja bisa, kalian juga pasti bisa.

Mari kita bahas kegiatan yang akan menghibur kalian dari beban-beban pelajaran setiap harinya…

  • Canisius College Cup (CC CUP)
Canisius College Cup 2018

Event ini berisikan kompetisi olahraga antar sekolah. Untuk kalian yang mengikuti ekskul olahraga, disinilah kalian bisa menunjukan kemampuan kalian.

  • Live In

Melalui kegiatan ini kalian akan ditempatkan di rumah-rumah penduduk di suatu tempat. Pada masa saya, kegiatan ini dilakukan di Bandung. Kalian akan merasakan bagaimana kehidupan yang pastinya berbeda dengan yang kalian jalani setiap harinya. Saya sendiri ditempatkan di keluarga yang berprofesi sebagai buruh kebun.

Melalui kegiatan ini kalian akan belajar arti kesederhanaan dan ketekunan dari orang-orang yang bisa dibilang kurang beruntung.

Di kelas 11 ini kalian akan dituntut untuk mampu mengasah competence dan conscience kalian melalui tekanan belajar dan kegiatan yang menuntut kalian untuk berbelarasa dengan sesama.

Kelas 12

Jenjang paling atas di Kolese Kanisius….

Bukan berarti perjuangan kalian akan menjadi lebih mudah dari sebelumnya, bahkan mungkin kalian akan merasa lebih tertekan…

Sebentar lagi pengalaman bersekolah di SMA Kanisius Jakarta bagi para siswanya akan berakhir…

Secara efektif, kalian hanya akan belajar selama 8 bulan. Dalam 8 bulan ini kalian akan menghadapi Try Out untuk mempersiapkan Ujian Nasional (UN) dan juga pembelajaran akan menjadi sangat cepat karena mengejar deadline Ujian Nasional.

Seluruh pelajaran kelas 12 akan diselesaikan dalam 6 bulan pertama. Hal yang akan membuat kalian semakin sibuk adalah kalian juga dituntut untuk mempersiapkan diri untuk UTBK/SBMPTN. Mungkin ada beberapa dari teman-teman kalian yang nantinya akan ikut bimbel untuk mempersiapkannya dan materinya sangat berbeda tingkatannya dengan yang diajarkan di sekolah.

Bagi kalian yang masih bingung menentukan universitas tidak perlu khawatir. Biasanya akan disediakan “Education Fair” untuk membantu siswa-siswa dalam menentukan pilihan universitas.

Kegiatan Education Fair ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya dan mengundang banyak perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.

Canisius Education Fair 2018

Di kelas 12 ini kalian juga dituntut untuk membuat “Research Paper” atau yang sering disebut dengan karya tulis ilmiah. Hasil dari karya kalian nantinya akan dipresentasikan di depan orangtua dan adik kelas kalian. Bayangkan betapa malunya jika kalian tidak mampu memberikan yang terbaik.

Disela segala kesibukan itu bukan berarti tidak ada acara/ event yang diadakan. Pada masa say akelas 12 ada beberapa event diantaranya:

  • Canisius College League (CC League)
Canisius College League

Acara ini adalah gabungan dari CC Cup dengan Casanova. Jadi aka nada perlombaan olahraga maupun kesenian dan keterampilan. Kalian akan bisa bertemu dengan teman dari berbagai sekolah dan bila kalian berminat kalian juga bisa menjadi panitia.

  • Ekskursi
Ekskursi ke Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu

Ekskursi adalah kunjungan seperti Live In di berbagai institusi dari berbagai agama seperti pesantren, sekolah non katolik dll. Melalui kegiatan ini kalian dapat berinteraksi langsung dengan teman-teman yang berbeda kebudayaan dan agama. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan menambah teman kalian pastinya…

Untuk lebih lengkap terkait ekskursi bisa dibaca di:

Akhir dari Sebuah Perjalanan

Graduation Day SMA Kolese Kanisius 2019
Graduation CC’19

Berjuanglah hingga kalian mampu untuk lulus dari SMA Kolese Kanisius Jakarta. Lulus dari sini bukanlah merupakan akhir dari perjalanan kalian sebagai seorang Kanisian, melainkan sebuah awal yang baru…

Bagi yang ingin tahu lebih bisa langsung mencari tahu di website SMA Kolese Kanisius

Saya mengucapkan selamat bagi yang sudah diterima dan sedang menempuh pendidikan di Kolese Kanisius Jakarta.

Bagi yang ingin mendaftar ke SMA Kanisius jangan merasa takut karena disini kalian akan dibentuk sebagai pribadi yang lebih kuat dan mampu berempati kepada sesama.

Carilah pengalaman dan sahabat terbaik kalian selama di SMA… Jangan lupa untuk pulang kawan.

Semoga post saya yang berjudul “Pengalaman Bersekolah di SMA Kanisius Jakarta” ini mampu membantu kalian.

Sekian cerita dari saya,

Ad Maiorem Dei Gloriam

Bagikan cerita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *