Pengalaman Ikut Jakarta WordPress Meetup di Google Office

Pada kali ini saya akan membagikan pengalaman ikut Jakarta WordPress Meetup #15 yang saya ikuti pada tanggal 16 Juli 2018. Meetup kali ini berlokasi di Google Indonesia yang terletak di daerah Sudirman.

Apa itu Jakarta WordPress Meetup?

Jakarta WordPress Meetup adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman terkait dengan WordPress. WordPress Meetup juga bertujuan untuk mempertemukan para pengguna WordPress di area tersebut dalam hal ini Jakarta.

Pengalaman Ikut Jakarta WordPress Meetup

Saya rasa pengalaman yang satu ini cukup menarik untuk diceritakan kepada anda semua. Banyak pengalaman dan informasi baru yang saya dapatkan dari meetup ini.

Saya akan menjelaskan pengalaman saya mulai dari alasan saya mengikuti event ini sampai dengan ringkasan materi yang disampaikan. Semoga pengalaman saya ini bisa berguna untuk anda.

Motivasi:

Saya mengetahui ada acara meetup kali ini secara tidak sengaja. Saya membaca link yang dibagikan di salah satu grup WordPress. Awalnya saya sempat merasa ragu untuk mengikutinya. Namun saya merasa tema yang dibawakan cocok dengan apa yang saya ingin ketahui.

Tema yang menjadi fokus pada meetup kali ini adalah “SEO, AMP and AdSense!”. Saya memang merasa penasaran dan ingin mengenal lebih dalam terkait dengan ketiga hal diatas. Saya juga merasa agak terkejut ketika mengetahui lokasi meetup kali ini berada di kantor Google Indonesia.

Pada saat itu saya merasa saya harus mengikuti meetup kali ini. Selain karena tema yang dibawakan cocok dengan yang saya butuhkan, lokasi meetup ini juga menarik perhatian saya. Secara kapan lagi bisa masuk ke kantor Google Indonesia.

Pendaftaran:

Pendaftaran Jakarta WordPress Meetup ini dilakukan via aplikasi Meetup di smartphone atau dengan mengakses website Meetup.

Setelah saya membuat akun saya langsung join ke grup Jakarta WordPress Meetup. Ketika ingin mendaftar untuk mengikuti Jakarta WordPress Meetup saya diwajibkan memasukan minimal satu website wordpress yang saya miliki.

Setelah mendaftar, saya ternyata berada pada posisi waiting list. Saya merasa pesimis pada saat itu. Saya berpikir bahwa tidak ada kesempatan bagi saya untuk mengikuti meetup kali ini karena banyaknya peminatnya.

Namun keesokan harinya saya pun mendapatkan notifikasi bahwa saya berhak untuk mengikuti meetup kali ini. Saya merasa senang sekaligus bingung karena saya belum pernah mengikuti acara semacam ini. Pengalaman ikut Jakarta WordPress Meetup ini akan menjadi yang pertama bagi saya.

Hari-H Mengikuti Jakarta WordPress Meetup

Acara meetup kali ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 Juni 2018. Pada jadwal tertulis bahwa acara belangsung dari pukul 18.00-19.30.

Perjalanan:

Hari itu bertepatan dengan hari pertama saya kembali masuk sekolah. Saya pulang sekolah pada pukul 15.00 dan langsung berangkat menuju kantor Google Indonesia. Saya ingin mencoba menaiki kendaraan umum untuk sampai ke tujuan.

Cukup lama waktu yang dibutukan untuk sampai ke kantor Google Indonesia bila menaiki kendaraan umum. Belum ditambah harus transit dan berganti bus. Namun saya tidak nyasar karena mengikuti aplikasi android yang bernama Traffi.

Bagi kalian yang tidak ingin nyasar saat berkeliling Kota Jakarta dengan menaiki kendaraan umum sangat disarankan untuk mendownload aplikasi ini. Bagi yang ingin membaca review tentang aplikasi Traffi juga bisa membacanya langsung di:

  • Traffi: Keliling Jakarta Tanpa Nyasar

Lanjut lagi ke topik utama….

Saya turun di Halte Busway Gelora Bung Karno dan berjalan sekitar 15 menit menuju kantor Googlr Indonesia. Ternyata kantor Google Indonesia berada di dalam gedung bernama Pacific Century Place.

Gedung ini terlihat sangat tinggi dan dalamnya cukup bagus. Bisa dilihat dari foto dibawah ini:

Bagian Dalam dan Luar Pacific Century Place:

pengalaman ikut jakarta wordpress meetup

pengalaman ikut jakarta wordpress meetup

Saat masuk anda harus menyerahkan KTP anda dan memberitahukan tujuan anda kesitu untuk apa. Kantor Google Indonesia berada di lantai 45. Saya harus menaiki lift untuk sampai kesana.

Setelah sampai disana saya pun segera masuk ke kantor Google Indonesia. Saat masuk saya langsung diminta untuk mengambil badge nama. Hanya peserta yang sudah didaftarkan saja yang bisa masuk ke kantor Google. Jadi tidak bisa membawa teman atau bahkan anggota keluarga yang lain.

Disana saya menunggu sekitar 30 menit sebelum disuruh untuk masuk ke ruangan. Sembari menunggu saya ngobrol-ngobrol kecil dengan beberapa orang terkait dengan meetup ini. Ternyata hampir semua orang yang sudah didaftarkan hadir. Ada sekitar 80 orang yang didaftarkan.

Para panitia juga tidak kaku dan cukup hebat dalam memecah suasana yang sebelumnya cukup hening. Sebelum meetup dimulai, kami semua sudah dipersilahkan bertanya kepada panitia yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

pengalaman ikut jakarta wordpress meetup

Mari masuk ke acara utama dari Jakarta WordPress Meetup kali ini…

Acara Jakarta WordPress Meetup #15

Sebelum masuk ke inti dari meetup ini, saya akan memberitahukan pembicara beserta materi yang dibawakannya pada meetup kali ini…

Pembicara dan Topik:

  • Aldrich Christopher: Webmaster Outreach Strategist at Google Asia Pacific
    • Fokus pada Search Engine Optimization (SEO)
  • Jeanny Haliman: Market Manager (Indonesia) at Google Asia Pacific
    • Fokus pada Adsense dan Accelerated Mobile Pages (AMP)
  • Ivan Kristianto: Senior Web Engineer at 10up
    • Fokus pada WordPress dan penerapan AMP

Sesi 1 : Aldrich Christopher

Aldrich adalah seorang Webmaster Outreach Strategist yang berlokasi di Singapura. Ia memiliki spesialisasi dalam bidang SEO dan sejenisnya. Ia membawakan banyak infromasi baru terkait Search Engine yang selama ini kurang diketahui oleh banyak orang.

Berikut ini adalah tema besar yang dibawakan oleh Aldrich Christopher terkait dengan Search Engine:

  1. Cara Kerja Mesin Penelusuran
  2. Pendekatan Google Terhadap Hasil Penelusuran
  3. Update Pada Mesin Telusur Google

1. Cara Kerja mesin penelusuran:

  • Aldrich menganalogikan Google sebagai sebuah toko buku yang menyediakan berbagai macam informasi.
  • 4 Cara Kerja Penelusuran:
    1. Crawling: Mencari sumber informasi baru dari berbagai sumber
    2. Indexing: Proses pendaftaran dan pengindeksan infromasi yang telah dicari
    3. Algorithm: Sistem algoritma yang bertujuan memberikan informasi terbaik
    4. Result: Hasil akhir yang akan ditunjukan kepada anda

2. PENDEKATAN GOOGLE TERHADAP HASIL PENELUSURAN

  • Fokus pada pengguna
    • Tujuan Google untuk memberikan informasi yang paling berguna dan relevan untuk anda
  • Memberdayakan pemilik situs
    • Membantu penayang dan pelaku bisnis agar dapat ditemukan dengan mudah secara online
  • Memaksimalkan akses ke informasi
    • Google berkomitmen untuk membuat web terbuka dan gratis untuk diakses

3. UPDATE PADA PENELUSURAN

  • Security
    • Website yang sudah menggunakan HTTPS akan dibedakan dengan yang masih menggunakan HTTP saja.
  • Mobile First Indexing
    • Google lebih mengutamakan website yang Mobile-Friendly
  • Search Console
    • Ada laporan performa baru; anda bisa melihat data 16 ke belakang
    • Bisa menampilkan error

Sesi 2 : Jeanny Haliman

Jeanny adalah Market Manager yang berfokus di Indonesia. Ia membidangi salah satu produk Google, yaitu Adsense. Walau bekerja di bidang Adsense untuk Google, Ia memiliki passion terkait dengan AMP Project. Jadi Mbak Jeanny akan menjelaskan terkait dengan Google Adsense dan AMP Project.

A. GOOGLE ADSENSE:

Mungkin para blogger sudah tidak asing dengan produk Google yang satu ini. Namun banyak yang belum mengetahui fakta-fakta terkait produk Google ini.

Melalui pengalaman ikut Jakarta WordPress Meetup kali ini saya beruntung untuk bisa mendengar informasi yang terpercaya dari staff Google Adsense sendiri, yaitu Mbak Jeanny.

Seleksi

Bagi kalian yang pernah mencoba mendaftarkan website kalian ke Adsense namun gagal tidak perlu khawatir karena nyatanya hanya 8% website yang berhasil menjadi mitra Adsense. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Mbak Jeanny sendiri.

Saya sendiri pun pernah merasakan ditolak oleh Adsense. Namun beruntung saya berhasil pada percobaan kedua.

Diuangkapkan oleh Mbak Jeanny bahwa banya website ditolak menjadi mitra Adsense karena hal sepele. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu website anda sudah layak untuk menjadi mitra Adsense.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftarkan website anda ke Adsense diantaranya:

  1. Keaslian artikel (Orisinil)
  2. Jumlah artikel
  3. Navigasi situs
  4. Umur website
Optimisasi Iklan Melalui Auto-Ads

Bagi yang tidak ingin dipusingkan dengan penempatan iklan, Google telah menyediakan solusinya. Auto-Ads akan membantu anda menempatkan iklan secara otomatis dan pastinya optimal.

Mbak Jeanny menyarankan bagi yang belum terlalu advance untuk menggunakan Auto-Ads pada websitenya. Dengan menggunakan Auto-Ads maka iklan akan ditempatkan pada tempat-tempat strategis yang pastinya tidak akan menggangu users. Namun akan memberikan hasil yang optimal bagi publisher.

Meningkatkan Revenue Dengan Website yang Cepat

Mbak Jeanny menekankan bahwa untuk menurunkan traffic yang berkualitas dengan mengurangi waktu load dari suatu website. Load time yang rendah juga akan menekan tingkat bounce rate dikarenakan user merasa nyaman berseluncur di website yang cepat.

Di sela presentasinya, Mbak Jeanny mengajak seluruh audiens untuk mengecek kecepatan website kami masing-masing dengan mengunjungi https://testmysite.thinkwithgoogle.com/

Melalui website tersebut anda dapat mengetahui load time dari website anda di smartphone dengan kecepatan 3G. Bila mendapatkan waktu dibawah 10 detik katanya sudah cukup baik.

B. Accelerated Mobile Pages (AMP)

Mbak Jeanny menjelaskan secara panjang lebar apa kelebihan dari situs yang sudah menggunakan AMP dengan yang belum menggunakannya. Dengan menggunakan AMP dikatakan bahwa kecepatan situs akan meningkat sebesar 4 kali lipat dari semula. Selain itu juga situs akan menjadi 10 kali lebih hemat data.

Namun Mbak Jeanny juga berkata bahwa memang masih banyak kekurangan dari AMP terutama terkait dengan themes yang disediakan masih terlalu sedikit. Hal ini menyebabkan tampilan situs AMP terlihat kurang menarik.

Bagi yang bisa mengotak-atik websitenya sehingga menjadi lebih cepat tanpa memperlambat situs tidak perlu menggunakan AMP. Mbak Jeanny berkata bahwa AMP menyediakan kemudahan untuk membuat situs yang cepat hanya dengan satu kali klik saja. Namun ia tetap lebih menyarankan bagi yang sudah profesional untuk membuat web yang menarik namun ringan.

Sesi 3 : Ivan Kristianto

Pada sesi terakhir ini tidak terlalu banyak materi yang disampaikan. Sebagian besar sesi dialokasikan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan pengaplikasian AMP pada situs wordpress.

Pada sesi ini kami diberitahu bagaimana langkah-langkah mengaplikasikan AMP pada situs WordPress dengan menggunakan plugin. Plugin yang digunakan bernama AMP for WordPress.

Setelah dijelaskan memang mudah untuk menerapkan AMP pada situs WordPress. Namun saya sendiri belum menggunakan AMP pada situs saya ini karena setelah saya cek, kecepatan situs ini masih tergolong cepat.

Akhir Acara:

Setelah acara selesai kami semua berfoto bersama. Kami juga diperbolehkan untuk keliling sekitaran ruang presentasi. Dikarenakan kantor Google berada di lantai 45, maka kami bisa melihat pemandangan Kota Jakarta yang sangat indah dari ketinggian.

Pengalaman Ikut Jakarta WordPress Meetup

Pengalaman Ikut Jakarta WordPress Meetup

Kesan:

Pengalaman ikut Jakarta WordPress Meetup kali ini memberikan saya banyak informasi baru yang cukup berharga terkait dengan pengembangan website. Selain menambah informasi baru, melalui pengalaman ikut Jakarta WordPress Meetup ini saya juga bisa berkomunikasi dengan orang yang memiliki minat yang sama.

Ternyata di luar sana juga masih banyak orang yang baru mempelajari WordPress. Jadi bagi kalian yang masih ragu untuk mencoba membuat website pribadi kalian dengan platform WordPress ada baiknya segera memulainya sekarang. Sudah banyak forum-forum yang siap membantu kalian mengembangkan minat kalian.

Bagikan cerita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *