Menu Tutup

Pengalaman Kuliah di FK Unair – Semester 1

Dalam tulisan saya yang berjudul ” Pengalaman Kuliah di FK Unair – Semester 1 ” ini, saya akan menjelaskan apa yang saya alami selama menjadi mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Semoga bisa memberikan gambaran untuk teman-teman yang masih bimbang dalam menentukan apakah ini menjadi mahasiswa kedokteran atau tidak. Selamat membaca….

Awalan

Jadi, setelah mendapatkan pengumuman SBMPTN bahwa saya diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, selanjutnya yang saya lakukan adalah melakukan daftar ulang dan mencari kost untuk tempat tinggal pastinya…

Tanggal pengumuman SBMPTN dengan tanggal daftar ulang sangat mepet, jadi bagi kalian yang nantinya akan diterima disini harus gerak cepat untuk mendapatkan surat-surat yang dibutuhkan untuk melakukan daftar ulang.

Antrian Saat Pendaftaran Ulang Universitas Airlangga 2019
Situasi Saat Daftar Ulang

Setelah semua proses daftar ulang diselesaikan, selanjutnya yang akan kalian hadapi adalah OSPEK dari Universitas Airlangga yang memiliki nama AMERTA.

OSPEK Universitas

Sama seperti mahasiswa baru (baca:maba) pada umumnya, kalian akan menghadapi OSPEK dari universitas terlebih dahulu. Namun pada ospek kali ini tidak akan terlalu banyak tugas ataupun dimarahi oleh senior.

Ospek “AMERTA” ini lebih berfokus untuk memperkenalkan Universitas Airlangga kepada mahasiswa baru dan bukan bertujuan untuk melakukan perpeloncoan pastinya.

Berikut adalah foto kelompok AMERTA saya…

Kelompok AMERTA 2019
Kelompok AMERTA

OSPEK Fakultas (CEREBRUM)

Agar masih relevan dengan judul artikel ini yaitu” Pengalaman Kuliah Di FK Unair ” maka kita bisa lebih bahas mendetil terkait dengan kegiatan di FK sendiri.

Jadi di FK Unair sendiri setiap tahunnya selalu diadakan ospek fakultas yang memiliki nama CEREBRUM – Center of Revolution to be A True Medical Students.

Sesuai kepanjangannya sendiri, CEREBRUM ini memiliki tujuan untuk membantu kita untuk bisa menjadi mahasiswa kedokteran yang sesungguhnya. Inti dari kegiatan-kegiatan yang diberikan akan membantu kita memahami nilai-nilai yang berguna saat pendidikan nantinya.

Budaya yang sering diajarkan adalah tepat waktu, kerjasama, ketelitian dan masih banyak lagi.

Di dalam OSPEK fakultas ini saya akui akan lebih menguras tenaga dibandingkan dengan saat menjalani OSPEK universitas. Namun, jangan khawatir karena semua tugas yang diberikan pasti ada manfaatnya.

Contoh dari beberapa tugas yang diberikan adalah membuat nametag, buku catatan, menghafal lagu dan masih banyak lagi. Kalau kalian penasaran bisa coba sendiri nanti yaa…

Inti Dari Pengalaman Kuliah di FK Unair – Semester 1

Sekarang kita masuk ke inti dari tulisan ini

Apa sih yang dipelajari selama 1 semester di FK?

Selama semester 1 ada beberapa pembagian blok yaitu

  1. Blok MKWU (Mata Kuliah Wajib Umum)
    • Pancasila
    • Kewarganegaraan
    • Agama
    • Bahasa Indonesia
  2. Foundation Course
    • Critical thinking and Evidence Base Learning
    • Etika Kedokteran
  3. Blok Biologi Kedokteran
  4. Blok Histologi
  5. Blok Anatomi

Cukup banyak mata kuliah yang diajarkan saat semester 1 ini, agar tidak pusing akan saya jelaskan satu per satu melalui tulisan saya tentang pengalaman kuliah di FK ini.

Blok MKWU (Mata Kuliah Wajib Umum)

Blok ini menurut saya paling mudah, namun tugasnya paling banyak dan menyita waktu banget hehehe

Seperti contohnya Pancasila dan KWN ini tugasnya digabung dan setiap kelompoknya nanti akan diwajibkan untuk membuat film pendek serta beberapa presentasi tentang suatu tema.

Untuk tugas agama saya diwajibkan untuk membuat suatu proyek yang memberikan manfaat bagi warga sekitar dan dikerjaan secara berkelompok. Untuk tugas ini kami memutuskan untuk memberikan penyuluhan tentang DBD kepada warga sekitar FK Unair serta membagikan obat ABATE yang berguna untuk memberantas jentik nyamuk.

Pelajaran di blok MKWU ini mirip dengan apa yang diajarkan kepada kita selagi masih di bangku SMA. Jadi tidak perlu khawatir tentang blok ini.

Foundation Course

Di blok ini ada dua mata kuliah yang penting yaitu Etika Kedokteran dan Evidence Base Learning.

Etika Kedokteran ini membahas mengenai prinsip-prinsip dasar seorang dokter dalam menjalani profesinya. Kita diberikan kuliah mengenai dasar teori dalam mengambil sebuah keputusan.

Dalam mata kuliah etika ini kita akan diberikan suatu kasus dan melalui cara belajar Problem Based Learning kita akan dibagi menjadi kelompok kecil dan diajak untuk mendiskusikan terkait kasus tersebut.

Hal yang paling sering menjadi fokus dalam mata kuliah etika ini adalah apa keputusan tersebut melanggar kode etik kedokteran yang berlandaskan KODEKI 2012 (Kode Etik Kedokteran Indonesia).

Cukup seru mempelajari ini karena kasus-kasus yang diberikan dapat terbilang cukup kompleks dan melatih kemampuan untuk berpikir kritis.

Untuk mata kuliah evidence based learning, kita akan diajarkan mengenai bagaimana cara berpikir berlandaskan dengan bukti-bukti ilmiah yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kita akan diajarkan untuk membuat kutipan langsung dan tidak langsung serta bagaimana menentukan jurnal yang baik dan tidak.

WIKIPEDIA adalah sumber yang sangat dilarang untuk digunakan pada mata kuliah ini. Jadi bagi kalian yang masih suka mengambil definisi dari WIKIPEDIA ada baiknya tidak melanjutkan kebiasaan tersebut hehehe.

Ada satu tugas akhir yang menurut saya cukup berat dari mata kuliah Evidence Based Learning ini yaitu pembuatan essai akhir.

Tugas essai akhir ini akan menjadi nilai akhir kita. Seluruh mahasiswa akan diberikan topik yang berbeda dan diwajibkan untuk menyelesaikan essai tersebut dalam waktu maksimal 24 Jam saja.

Essai tersebut harus memiliki landasan ilmiah minimal dari 5 jurnal yang terakreditasi. Kebetulan saya mendapatkan tema “Ichthyosis”. Bagi kalian yang penasaran bisa mencarinya yaa…

blok Biologi Kedokteran

Rasanya ada yang kurang kalau saya menulis artikel berjudul pengalaman kuliah di FK tapi tidak menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan kedokteran.

Oleh karena itu di blok ini kita akan mulai mempelajari biologi. Namun bukan biologi secara umum, hanya fokus pada bidang kedokteran umum. Jadi pastinya tidak akan membahas jamur, tumbuhan atau hewan hehehe.

Secara umum yang dipelajari di blok ini adalah pelajaran biologi SMA. Namun dengan tingkatan yang lebih dalam lagi dan pastinya sedikit lebih sulit.

Di blok ini kita akan belajar mengenai:

  • Struktur Sel dan siklusnya
  • Genetika Molekuler
  • Reproduksi pria dan wanita
  • Spermatologi
  • Sel Punca/ Stem Cell
  • Kromosom dan kelainannya
  • Onkologi (Berkaitan dengan terbentuknya kanker)
  • dll

Di blok tidak hanya belajar teori, namun juga ada praktiknya. Semua praktikumnya sangat seru dan banyak hal-hal baru yang akan kalian temukan, dosen-dosennya juga sangat baik dalam membantu siswanya belajar.

Blok Histologi

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengenal apa itu histologi kan?

Histologi sering disebut dengan anatomi mikro, karena kalian akan mempelajari jaringan-jaringan yang ada di tubuh manusia dengan mikroskop.

Di dalam blok ini kalian akan mempelajari berbagai jaringan tubuh diantaranya:

  • Jaringan epitel
  • Jaringan tulang dan tulang rawan
  • Jaringan otot
  • Jaringan saraf
  • Kulit
  • Sistem limfatik
  • Sistem pencernaan
  • Sistem peredaran darah
  • dll

Jadi setiap praktikumnya kalian diharuskan membawa kartu untuk meminjam mikroskop.

Blok ini membutuhkan kejelian mata agar dapat membedakan setiap jaringannya, karena banyak jaringan yang terlihat mirip walaupun sebenarnya berbeda.

Untuk contohnya, dibawah ini adalah folikel yang didalamnya terdapat sel telur saat dilihat melalui mikroskop

Masih banyak hal-hal menarik yang tidak kalian duga saat mempelajari histologi. Cukup menyenangkan karena bisa melihat jaringan dari tubuh kalian dibawah mikroskop.

Tapi jangan menyepelekan blok ini, walau terkadang saat praktikumnya kalian bisa bersantai-santai, namun ujian dari mata kuliah ini tergolong sulit loh. Walau mungkin tidak sesulit mata kuliah anatomi yang setelah ini akan kita bahas.

Blok Anatomi

Tidak lengkap kalau di dalam tulisan saya tentang pengalaman kuliah di FK Unair Semester 1 ini bila tidak menceritakan tentang blok ini.

YA ANATOMI!!!

Pasti banyak dari kalian yang membayangkan hal-hal aneh kalau mendengar kata ANATOMI…. Padahal belajar anatomi tidak seseram itu loh, kecuali memang ujiannya cukup menyeramkan hehehe.

Pada penjelasan anatomi saya tidak bisa memberikan banyak foto karena di FK Unair melarang membawa HP selama praktikum di lab anatomi. Hal ini dilakukan untuk menghormati para jenazah atau yang lebih sering disebut dengan cadaver.

Lanjut….

Jadi di FK selama semester 1 ini mata kuliah yang paling menjadi momok menyeramkan bagi para mahasiswa adalah anatomi. Banyak yang gagal di mata kuliah ini karena memang yang dipelajari sangat banyak dan cukup sulit dihafalkan.

Sistem pembelajaran selama blok ini adalah kalian akan belajar tentang teori terlebih dahulu di kelas lalu dilanjutkan dengan praktikum di lab anatomi.

Contohnya kalau belajar tentang jantung, maka di pagi hari kalian akan diberikan kuliah tentang jantung, nama-nama bagiannya dll. Lalu siangnya akan dilanjutkan dengan praktikum.

Saat praktikum, kita akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terdiri dari 10-15 anak. Setiap kelompok akan diberikan sediaan tergantung topik yang dipelajari. Sebelum mulai belajar mandiri, biasanya akan ada demo dari dosen di ruang anatomi.

Dengan sistem ini akan lebih membantu kita dalam belajar, karena kita bukan hanya belajar dari buku namun juga secara langsung melihat dan memegang sediaan.

Cadaver yang menjadi sediaan juga tidak menyeramkan bahkan banyak dari kami yang merasa penasaran karena bisa melihat secara langsung tubuh manusia. Tidak ada kejadian mistis atau aneh yang saya rasakan, mungkin karena memang tujuan saya sudah fokus untuk belajar hehe.

Saat akhir blok akan ada 2 ujian yaitu ujian teori dan praktikum.

Ujian teori menggunakan komputer dan soalnya berjumlah 60 pilihan ganda.

Sedangkan ujian praktikumnya langsung di lab anatomi dan ada 40 soal. Sistemnya kita akan memutari lab anatomi dan menentukan nama bagian yang ditunjuk, cukup sulit karena waktu yang diberikan juga sangat singkat yaitu hanya sekitar 45 detik.

Walau begitu saya bersyukur masih dapat lulus dari blok ini walau dengan usaha yang cukup sulit hehehe.

Penutup Pengalaman Kuliah di FK

Untuk menutup tulisan saya yang berjudul ” Pengalaman Kuliah di FK Unair – Semester 1 ” ini, saya hanya akan memberikan semangat kepada kalian yang mungkin masih berjuang untuk masuk ke FK impian kalian.

Jangan berputus asa, kalau sudah jalannya kalian untuk masuk FK pasti kalian akan bisa masuk kok.

Bagi kalian yang masih malas belajar dan berharap masuk FK, ingat di dalam FK kalian harus belajar lebih giat kalau tidak kalian tidak akan bisa mengikuti pelajarannya, jadi kenapa masih malas? Hehehe

Bagikan cerita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *