Pengalaman Tes Masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Tes Masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah pengalaman tes masuk universitas saya yang kedua kalinya, setelah sebelumnya saya telah mengikuti TPKS Binus beberapa bulan yang lalu.

Tes Atmajaya Yogyakarta kali ini merupakan pengalaman yang cukup berkesan bagi saya. Oleh karena itu saya akan membagikan pengalaman selama mengikuti tes atmajaya kali ini.

Jadi ceritanya seperti ini…

Saya kembali memutuskan untuk mendaftar ke salah satu universitas swasta yang berada di daerah Yogyakarta, yaitu Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) karena saya belum menentukan universitas swasta yang menjadi cadangan kalau-kalau saya tidak diterima di PTN.

Dalam artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti tes masuk Universitas Atmajaya Yogyakarta sehingga teman-teman yang akan mengikuti tes di UAJY akan memiliki sedikit gambaran.

Kesalahan yang Tidak Disengaja

Jadi pada awalnya saya tidak pernah terbayangkan akan pergi jauh-jauh ke Yogyakarta untuk tes masuk universitas.

Saya memang sudah tertarik dengan universitas ini beberapa waktu yang lalu dan saya pun memutuskan untuk mendaftar melalui Jalur Raport. 

Setelah mengisi formulir yang sudah di download, saya menyerahkannya langsung ke kantor admisi UAJY yang berada di daerah Babarsari, Yogyakarta. Saya tidak sengaja-sengaja datang kesana hanya untuk mengembalikan formulir, namun sekaligus mengantarkan adik saya yang memang kebetulan sekolah di daerah Magelang, tepatnya di Mertoyudan.

Namun ternyata ada berkas yang kurang, yaitu KKM pada raport semester 1 dan 2. Saya pun diminta untuk mengirimkan berkas yang kurang itu sebelum waktu pendaftaran ditutup. Saya pun segera mengirimkan berkas tersebut, namun saya tidak mencantumkan nama saya di dalam berkas tersebut, saya hanya menuliskan nama saya pada bagian nama pengirim.

Saat hari pengumuman tiba, saya mengecek website UAJY dan anehnya saya tidak diterima, padahal saya merasa nilai saya tidak ada yang kurang. Akhirnya saya pun harus menerima bahwa saya tidak diterima. Namun saya tidak menyerah dan merasa layak untuk diterima, oleh karena itu saya pun segera mendaftara Jalur Antara.

Apa itu Jalur Antara?

Jalur Antara adalah salah satu program seleksi yang diadakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam menerima calon mahasiswanya. Untuk lolos jalur antara ini calon mahasiswa diharuskan mengikuti serangkaian tes yang terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik) dan Bahasa Inggris, lebih detilnya akan dijelaskan nanti.

Jadwal tes jalur antara ini adalah setiap hari, mulai dari hari Senin sampai dengan Jumat, dan setiap harinya ada dua sesi. Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun offline (on site). Biaya pendaftaran jalur ini sebesar Rp 200.000.

Perjalanan ke Yogyakarta

Jadi pada hari Minggu, 17 Februari 2019 saya dan satu orang teman saya memutuskan untuk berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti tes masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kami berdua berangkat menggunakan kereta dan ini adalah kali pertamanya saya berpergian jauh dengan menggunakan moda trasnportasi kereta api.

Saya berangkat dari Stasiun Bekasi pada pukul 12 siang dan estimasi sampai di Stasiun Lempuyangan pada pukul 9 malam.

Tiket kereta menuju Yogyakarta
Tiket kereta menuju Yogyakarta

Perjalanan menggunakan kereta api ini cukup nyaman. Hal yang menjadi kekurangan adalah ruang gerak yang cukup sempit terlebih karena saya memilih kelas ekonomi.

Saya cukup senang menaiki kereta api karena selama perjalanan saya bisa membaca buku sehingga waktu saya di kereta tidak terbuang sia-sia. Selama perjalanan menuju Yogyakarta saya menghabiskan satu buku yang berjudul “Value Investing: Beat The Market in Five Minutes”. Nanti saya akan menuliskan resensi buku tersebut karena menurut saya buku ini sangat bagus untuk dibaca.

Setelah delapan jam duduk di kereta akhirnya saya sampai di Stasiun Lempuyangan. Kebetulan teman saya memiliki saudara yang tinggal di daerah Yogyakarta, sehingga saya semalam menginap di rumah saudara teman saya.

Saya tidak sabar untuk mengikuti tes keesokan harinya…

Hari-H: Tes Masuk UAJY

Akhirnya hari yang telah ditunggu-tunggu datang juga. Pada pagi itu saya bersiap untuk mengikuti tes di kampus 2 UAJY. Tes dimulai pada pukul 09.00 namun saya sudah hadir sejak pukul 08.00.

Setelah melakukan pendaftaran ulang saya diminta untuk menunggu. Sembari menunggu saya diberikan buku kuning yang berisikan contoh soal yang nantinya akan diujikan.

Contoh soal tes masuk universitas atma jaya yogyakarta
Booklet Contoh Soal Tes Masuk UAJY

Ruang Lingkup Materi Ujian

  • Tes Potensi Akademik
    1. Kemampuan Verbal
    2. Kemampuan Kuantitatif
    3. Penalaran
  • Tes Bahasa Inggris
    1. Structure & Written Expression
    2. Reading Comprehension
    3. Listening Comprehension (Khusus Kelas Internasional)

Dalam mengerjakan tes ini yang harus diperhatikan adalah waktu, karena hanya diberikan waktu 120 menit untuk mengerjakan 130 soal. Walau seperti itu kalian juga harus tetap teliti dalam mengerjakan soal-soalnya karena ada beberapa bagian yang membutuhkan pemahaman.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, tes masuk universitas Atma Jaya Yogyakarta ini termasuk cukup menantang bila dibandingkan dengan Tes Masuk Binus yang telah saya ikuti sebelumnya.

Di bawah akan saya berikan link yang berisi contoh soal Tes Masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Namun jangan terlena dengan contoh yang mudah itu, pada saat tesnya soalnya akan menjadi lebih sulit daripada yang ada pada contoh soal tersebut.

Satu hal yang menarik dari tes kali ini adalah kalian tidak perlu menghafalkan rumus apapun (kecuali rumus dasar matematika) untuk mengerjakan soal tes ini. Kalian hanya membutuhkan logika saja dalam mengerjakannya.

Bila kalian pernah mengerjakan Tes IQ dan kalian merasa mudah dalam mengerjakannya saya yakin pasti kalian bisa juga mengerjakan soal tes masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini.

Tips Berdasarkan Pengalaman Tes

  1. Perhatikan waktu yang tersisa
  2. Perbanyak kosakata, akan berguna untuk menjawab soal analogi verbal
  3. Teliti dalam membaca soal
  4. Lewati soal yang sekiranya tidak bisa dijawab
  5. Jangan lupa berdoa

Setelah kalian menyelesaikan tes tersebut, kalian bisa langsung melihat nilai kalian. Kalian juga bisa langsung mengetahui apa kalian diterima di jurusan yang kalian inginkan atau tidak.

Hasil Tes Masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
Hasil Tes Masuk Universitas Atma Jaya

Ketika melihat bahwa saya di terima di jurusan yang saya mau saya merasa bersyukur dan akhirnya saya bisa membuktikan bahwa saya pantas untuk diterima di Universitas Atma Jaya.

Hasil ini juga mengobati rasa kecewa saya karena tidak diterima di Jalur Raport karena kesalahan sepele. Bila dirata-rata saya memiliki persentase betul hampir 80%. Saya pun cukup puas dengan hasil yang saya terima.

Untuk mendapatkan contoh soal teman-teman dapat mengklik link di bawah ini:

Bila ada pertanyaan berkaitan dengan Tes Masuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta silahkan kirimkan ke kolom komentar atau langsung kontak saya.

Bila merasa artikel ini membantu silahkan di share agar teman-teman lain yang mau mengikuti tes masuk Atma Jaya memiliki gambaran terkait tes ini.

Terima kasih telah membaca dan sukses selalu…

Bagikan cerita ini:

17 Comments

  1. Penulisan kata rapor itu tanpa ‘t’ setahu saya kak 🙂 By the way busway bagaimana hasilnya? apakah kakak diterima di UNI Atma Jaya Yogya?? Ditunggu tulisan-tulisan berikutnya termasuk resensi bukunya.

    1. Waktu saya mendaftar sih pas fotonya tidak ada keterangan harus menggunakan seragam sekolah, saya sendiri menggunakan baju kemeja bebas.

    1. Untuk lebih detail terkait hal teknis seperti itu saya juga kurang paham ya, mungkin bisa langsung ditanyakan ke pihak Atma Jaya. Namun seharusnya tesnya tidak akan berbeda jauh bentukan soalnya.

    1. Untuk soal saya kurang tahu sama atau tidak. Namun menurut saya harusnya sama, karena tesnya hanya mencakup tes potensi akademik saja tanpa ada mata pelajaran jurusan, terima kasih.

  2. Kak, jalur reguler II apakah ada kemungkinan tidak diterima? Kok aku takut yaa, aku tes tanggal 20 ini😭😭😭

    1. Kemungkinan pasti selalu ada kok, tetap belajar dan fokus ngerjain soalnya…
      Logikanya buat apa dibuka jalur reguler 2 tapi kuota sudah habis kan?
      Setauku juga banyak yang mengundurkan diri karena diterima di PTN sih, jadi pasti ada kuota kosong

  3. bawa jam tangan dizinin gak ya??? trus pembagian waktu tesnya gimana, nonstop atau dipisah2 lembar jawaban nya.. mohon bantuanya kak, 3 hari lagi hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *