Menu Tutup

Resensi Buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang

Buku berjudul Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang” merupakan buku yang sangat spesial untuk saya. Buku ini sangat spesial karena saya mendapatkan buku ini dari orang yang spesial bagi saya. Sudah lama saya diberikan buku ini namun baru kali ini saya membacanya sampai selesai dan memutuskan untuk membuat resensi buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang.

Mari langsung kita lihat sinopsis, kekurangan dan kelebihan dari buku ini. Semoga bisa berguna untuk anda semua.

Perasaan itu seperti laut, jika sudah tak terkendali akan mengancurkan.

Resensi Buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang

Resensi Buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang Judul: Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang
Penulis: Boy Candra
Penerbit: MediaKita
Isi: 211 halaman
ISBN: 979-794-487-5

Sinopsis:

Buku ini menceritakan tentang kisah pengalaman cinta penulis sendiri. Pengalaman romansa penulis dimulai dari perasaan penulis terhadap seorang wanita. Penulis dalam hal ini Boy mengalami kebingungan antara harus menyatakan perasaannya atau tidak. Namun memendam perasaan hanya akan berakhir pada penyesalan. Oleh karena itu Boy menyatakan perasaannya terhada perempuan itu dan jawabannya adalah perempuan tersebut sudah memiliki kekasih.

Walau sudah mengetahui wanita tersebut telah memiliki kekasih namun Boy tetap memperhatikan wanita tersebut. Hingga pada suatu saat Boy mengetahui bahwa perempuan tersebut sudah putus dari kekasihnya. Lalu Boy pun memulai pendekatan dengan wanita tersebut melalui chat.

Tak berapa lama mereka menjadi dekat dan saling merasa nyaman satu sama lain. Namun sang wanita masih ragu bila ditanya terkait dengan status hubungan mereka. Sang wanita berpikir untuk apa memikirkan hal aneh apabila masih merasa nyaman. Boy pun menerima perkataan tersebut.

Namun akhirnya mereka tetap menjadi sepasang kekasih. Pada saat ini lah mulai muncul masalah-masalah baru bagi hubungan mereka. Menurut Boy perselisihan adalah suatu hal yang wajar karena perbedaan merupakan hal yang wajar. Mereka hanya perlu menghargai pola pikir masing-masing.

Namun hubungan diantara mereka mulai menjadi membosankan. Mereka pun memutuskan untuk berpisah. Namun peristiwa ini menyisakan rasa sakit hati mendalam bagi Boy sendiri. Boy berbagi pengalamannya beserta pandangan-pandangannya terkait dengan rasa sakit hatinya. Banyak momen yang dilewati oleh Boy yang sebaiknya tidak saya tulis disini agar anda dapat membacanya sendiri di buku ini.

Boy mengajak kita untuk bersyukur atas apa yang kita miliki. Bukan berarti ketika anda kehilangan seseorang yang pernah membuat anda bahagia, anda tidak memiliki kesempatan untuk bahagia lagi. Boy mengajak para muda-mudi yang sedang patah hati untuk bangkit, memperbaiki diri dan menatap masa depan yang sempat dilupakan.

Kekurangan Buku:

Dalam resensi buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang saya akan menjelaskan beberapa kekurangan dari buku ini menurut versi saya.

Kekurangan yang pertama dari buku ini adalah kurangnya penjelasan dan penggambaran tokoh wanita dalam buku ini. Hal ini menyebabkan banyak para pembaca kurang mengenal tokoh wanita dalam cerita ini. Dalam buku ini hanya dipaparkan bahwa wanita ini cantik dan dalam beberapa peristiwa digambarkan sebagai seseorang yang berpikir dengan hati.

Kekurangan yang kedua adalah dalam buku ini adalah tidak adanya penggunaan nama untuk masing-masing tokoh membuat pembaca terkadang harus membaca dua kali untuk memahami cerita. Dalam buku ini penulis hanya menggunakan kata ganti orang dalam menjelaskan suatu peristiwa. Bagi pembaca pemula mungkin akan kesulitan dalam memahami cerita yang ada karena beberapa bab yang tidak terhubung dan terkesan bolak-balik.

Kelebihan Buku:

Dalam resensi buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang saya juga akan memaparkan beberapa kelebihan yang terdapat dalam buku ini. Kelebihan yang pertama adalah penggunaan bahasa sehari-hari yang akan memudahkan para pembaca terutama anak muda dalam membaca buku ini. Terdapat banyak penggunaan kosakata bahasa asing yang populer seperti chatting dan mall. Selain itu juga bahasa yang digunakan tidak tinggi sehingga hampir bisa dimengerti oleh segala golongan pembaca.

Kelebihan kedua yang akan saya paparkan dalam resensi buku Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang adalah banyaknya penggunaan quotes yang cukup bermakna. Penulis hampir selalu menyelipkan sebuah quote pada setiap babnya. Quote pada buku ini juga memiliki makna yang cukup mendalam menurut saya dan sangat relevan dengan kehidupan percintaan anak muda jaman sekarang.

Contoh quote yang saya suka adalah:
  1. Cinta adalah proses menuju pulang?- berjalan menuju seseorang yang kelak kau sebut rumah dan menetap di sana hingga waktu menutup usia. (hal:55)

  2. Di dunia ini ada fase seseorang akan mencintai sepenuh hati. Setidaknya sampai kali pertama ia patah hati (hal:206)

Kesimpulan:

Dibalik semua kekurangannya, buku ini sangat cocok untuk anak muda yang sedang mengalami kisah percintaan yang rumit. Di dalam buku ini penulis membagikan pengalamannya beserta pandangannya sehingga diharapkan anak muda yang sedang dalam masalah sulit atau patah hati mampu mendapatkan pencerahan.

Sesuai dengan judulnya Catatan yang Pendek untuk Cinta yang Panjang maka buku ini menyajikan cerita-cerita pendek yang membentuk suatu kisah percintaan yang panjang. Buku ini sangat cocok untuk anda yang ingin membaca novel percintaan namun tidak menginginkan bacaan yang berat.

Buku ini juga sangat saya sarankan untuk diberikan kepada orang spesial karena packaging-nya yang menarik karena dibungkus oleh semacam tas kecil. Sehingga akan membuat buku ini terlihat elegan jika diberikan sebagai hadiah bagi orang yang spesial.

Semoga resensi yang saya tulis kali ini dapat menambah wawasan anda semua terkait dengan buku berjudul Catatan Pendek untuk Kisah yang Panjang

Terima kasih untuk para pembaca serta untuk orang yang telah memberikan saya buku yang sangat spesial ini.

Bagikan cerita ini:

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *