Pengalaman Ikut TPKS Binus 2018

Kelas 3 SMA merupakan masa yang cukup krusial dalam menentukan masa depan bagi saya dan mungkin bagi teman-teman seangkatan saya. Saya harus memilih dimana akan melanjutkan pendidikan, keinginan saya adalah masuk PTN namun saya juga harus menyiapkan backup plan bagi masa depan saya dan ini mendorong saya untuk mencoba ikut TPKS Binus University yang memberikan beasiswa s.d 100% untuk uang pangkalnya.

Beasiswa Binus University
Sumber: Binus.ac.id

Dari Mana Tahu Beasiswa Binus University?

Ya, jadi saya tahu tentang beasiswa Binus saat ada Education Fair di sekolah saya (Canisius Education Fair 18th). Dari situ saya tertarik untuk mencobanya, lumayan bisa untuk mengukur kemampuan saya. Di situ pun saya memutuskan untuk membeli formuli TPKS Binus seharga 300 ribu rupiah. Walau sebenarnya pada saat itu saya belum ada persiapan apa-apa untuk mengikuti TPKS Binus University.

Saat kalian membayar 300 ribu, kalian akan mendapatkan sebuah form yang berbentuk buku. Cukup tebal formulirnya, sekitar 30 halaman. Formulirnya seperti gambar dibawah…

Formulir TPKS Binus University

Batas waktu pengumpulan formulir adalah hari Rabu minggu depannya, dan saya membeli formulir pada hari Minggu. Jadi saya hanya memiliki waktu 3 hari untuk meminta legalisir raport dari sekolah dan berkas-berkas lainnya, cukup mepet memang.

Beruntung saya bisa melengkapi data-data yang dibutuhkan dan pada hari Selasanya saya langsung pergi ke Binus University tepatnya di Kampus Anggrek yang berada di daerah Kemanggisan. Saya mendaftar untuk mengikuti tes gelombang pertama.

First Impression: Kampus Anggrek Binus

Saya pergi kesana dengan ojek online. Lokasi kampus ini berada di daerah Kemanggisan, jalan yang berada di depannya tidak terlalu luas sehingga sering menyebabkan kemacetan. Kalau dilihat dari luar kampusnya cukup bagus.

Saya langsung datang ke meja resepsionis untuk menanyakan tentang pengumpulan berkas. Saya diarahkan ke ruang tunggu. Disana cukup banyak tellernya. Namun hanya beberapa yang bertugas melayani, sehingga saya harus menunggu terlebih dahulu.

Setelah menunggu cukup lama akhirnya nomor antrian saya dipanggil. Saya segera menyerahkan berkas yang diperlukan. Sekitar 10 menit akhirnya selesai dan saya mendapatkan kartu untuk ikut TPKS Binus nantinya.

Tidak mau hanya mengumpulkan berkas, saya keliling-keliling kampus tersebut. Di dalamnya ada kantor cabang BCA, Starbucks dan juga A&W. Mirip mall bukan? Namun di kampus ini menurut saya pencahayaannya cukup kurang karena hanya mengandalkan sinar matahari saja, jadi sedikit redup.

Karena saya kurang suka makanan seperti A&W dan Starbucks, maka saya mencari kantinnya untuk sekedar melihat-lihat. Ternyata kantinnya berada di basement dari gedung tersebut dan hanya ada beberapa yang masih buka, mungkin karena saya datangnya sudah sore.

Mengurungkan niat saya untuk makan, saya pun bergegas pulang. Pada awalnya saya pikir Binus University dekat dengan Stasiun Palmerah. Namun ternyata cukup jauh juga. Wah hal yang kurang baik ini bagi anak kereta seperti saya hehehe.

Hari-H TPKS Binus University

TPKS Binus University dibagi menjadi gelombang pagi dan siang. Kebetulan saya mendapatkan kesempatan tes pada gelombang siang. Seharusnya tes dimulai pada pukul 13.30. Namun saat saya berada di kereta mendadak ada SMS dari pihak Binus yang mengundur jadwal tes menjadi pukul 14.00.

Pemberitahuannya diberikan cukup mendadak. Saat saya sampai disana sudah cukup banyak orang. Walau sudah diundur bukan berarti tes akan mulai tepat waktu. Nyatanya saya harus menunggu lagi sekitar 20 menit sebelum diperbolehkan untuk memasuki ruangan.

Mari kita lanjut ke inti dari tulisan saya ini,

Materi apa saja yang diujikan pada TPKS kali ini?

TPKS Binus dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

  1. Study Skill
  2. Logic
  3. Abstraction
  4. Verbal

Selain keempat itu kalian juga akan mengikuti tes bahasa Inggris semacam TOEFL. Namun sepengetahuan saya tes ini tidak menentukan seleksi beasiswa yang kalian akan dapatkan. Jadi tidak perlu khawatir terkait dengan tes bahasa Inggrisnya.

Bagian 1: Study Skill

Pada bagian ini kalian hanya akan ditanyakan tentang bagaimana kalian belajar. Selain itu juga kalian akan menemukan pertanyaan-pertanyaan yang mengorek lebih dalam terkait kehidupan belajar kalian.

Tidak perlu tegang menghadapi tes ini karena pada dasarnya tes ini hanya ingin mengetahui cara belajar kalian. Sebaiknya kalian menjawab sejujurnya daripada ngarang-ngarang yang hanya membuat kita bingung sendiri.

Tidak usah panjang lebar terkait bagian ini… Mari lanjut ke bagian berikutnya….

Bagian 2: Logic  

Mulai masuk ke bagian yang serius… Pada bagian ini kalian diharuskan menyelesaikan 30 soal dalam waktu 40 menit saja. Kalian harus cepat dalam mengerjakan bagian ini, namun selain cepat kalian juga harus teliti dalam mengerjakannya.

Pada dasarnya tes ini berisi soal-soal matematika dasar yang telah kalian pelajari di SMA. Tidak ada soal sulit, cukup masukan ke rumus dan kalian akan mengetahui jawabannya… Namun kalau lupa rumus seperti saya ya lain cerita hehehe…

Materi yang banyak keluar pada saat saya mengerjakan bagian ini adalah:

  1. Kalimat negasi dan setara
  2. Persamaan linier 2 variabel
  3. Barisan dan Deret (Aritmatika & Geometri)
  4. Nilai maksimum dan minimum
  5. Peluang
  6. Permutasi & kombinasi
  7. Dimensi 3

Mungkin saat tes kalian akan berbeda soalnya. Namun pasti tidak akan berbeda jauh dengan apa yang saya kerjakan saat ini. Kesulitan dari soal yang dibuat setara dengan soal UN atau bahkan lebih mudah sedikit.

Saya sendiri agak kesulitan dalam mengerjakan soal tentang peluang & kombinasi permutasi karena lupa rumusnya. Saran saya pelajari semua rumus dasar dari matematika.

Bagian 3: Abstraction

Pada bagian ini kalian akan dihadapkan dengan 35 soal yang harus kalian selesaikan dalam waktu 12 menit. Sangat sedikit waktu yang diberikan sehingga kalian harus benar-benar cepat dalam mengerjakannya.

Jadi soalnya mirip-mirip dengan gambar dibawah ini…

Tes TPKS Binus University
Sumber: https://www.psikotes.tipscv.com

Pada setiap soal kalian akan dihadapkan dengan 9 kotak dengan 1 kotak yang kosong. Kalian harus menemukan pola tertentu untuk mengisi kotak kosong tersebut.

Tidak ada pola yang aneh-aneh. Biasanya hanya pola berputar searah atau berlawanan jarum jam dsb. Pada tes ini saya sangat yakin mampu mengerjakan dengan baik.

Bagian 4: Verbal

Jujur pada tes ini saya sedikit kaget dengan materinya. Soal yang saya bayangkan dalam pikiran saya adalah soal tentang analogi seperti pada tes SBMPTN . Namun ternyata materi yang keluar adalah pelajaran Bahasa Indonesia…

Saya cukup kesulitan mengerjakannya. Terlebih saya cukup lemah dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Materinya sebenarnya mudah, sesuai dengan yang dipelajari di SMA.

Materi yang muncul dalam tes ini adalah:

  1. Gagasan dan kalimat utama
  2. Puisi lama dan puisi baru
  3. Ulasan karya sastra
  4. Penokohan
  5. Jenis paragraf

Menurut saya waktu yang diberikan dalam tes ini cukup banyak. Namun saya tetap bingung dengan pilihan saya sendiri. Mungkin saya banyak salah di bagian ini.

TES Bahasa Inggris

Saya akan menjelaskan secara singkat bagian dari tes ini. Ada 3 bagian utama dalam tes ini diantaranya adalah:

  1. Listening Comprehension
  2. Grammar & Structure
  3. Reading Comprehension

Soal yang diberikan tidak terlalu sulit. Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan soal-soal bahasa Inggris sejenis TOEFL pasti tidak akan kesulitan dalam menemukan jawaban yang benar.

Hasil:

Setelah menunggu selama 3 hari, akhirnya hasilnya keluar di website Binus yaitu admission.binus.ac.id

Pengumuman kelulusan TPKS Binus
Pengumuman kelulusan TPKS Binus

Ternyata saya masih belum bisa mendapatkan beasiswa 100%. Saya menanyakan beberapa teman saya, ternyata banyak dari mereka mendapatkan beasiswa 50% saja dan bahkan ada yang menerima beasiswa sebesar 25%.

Saya sendiri cukup bersyukur dengan hasil tersebut. Namun saya merasa masih butuh banyak belajar lagi agar mampu mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan proses pendaftaran di Binus University.

Terima kasih telah membaca tulisan saya. Semoga setelah membaca tulisan ini kalian memiliki gambaran terkait dengan TPKS Binus University. Bila ada pertanyaan bisa langsung menuliskannya di kolom komentar yaa..

Bagikan cerita ini:

58 Comments

    1. Terima kasih atas pendapatnya hehehe…
      Latar belakang saya menulis artikel ini karena pada saat saya ingin mengikuti TPKS Binus tidak ada artikel di internet yang menjelaskan tesnya secara detil. Oleh karena itu, setelah saya mengalami sendiri TPKS Binus, saya memutuskan untuk membuat artikel yang membahas tes ini dengan detil, sehingga bisa memberikan gambaran bagi teman-teman yang ingin mengikuti tes ini…

    1. Setau saya TPKS bisa diikuti berkali-kali ya…
      Kalau misalkan belum diterima bisa mencoba untuk ikut tes di gelombang selanjutnya…

    1. Kalau menurut saya cukup mudah ya, cuma karena ada beberapa rumus yang lupa jadi banyak yang dilewat hehehe
      Gak sesusah try out SBMPTN kok hehehe… Yang harus diperhatikan kalau ngerjain bagian logic itu waktu, karena pas ngerjain waktu yang diberikan cukup singkat, kalau ada yang gak bisa langsung di lewat aja hehehe…
      Semoga sukses nanti ikut TPKS Binusnya ya…

        1. Maksudnya untuk semua jurusan apanya ya? Kalau soal-soalnya saya kurang tahu apa ada perbedaan untuk jurusan IPA/IPS. Namun menurut saya seharusnya soalnya tidak berbeda jauh. Semoga membantu

  1. Mau nanya juga bang saya rencana juga mau ikut tpks Binus jurusan desain interior di Bandung ,,perbedaan biaya daftar lewat beasiswa sama reguler apa yaa??makasihh

    1. Oh kalau itu saya kurang tau deh… Kalau berdasarkan pengalaman saya, jalur beasiswa itu yang dipotong adalah uang bangunannya, misalkan saya mendapat beasiswa 50% maka uang bangunan yang harus saya bayar hanya setengahnya… Namun kalau untuk biaya per semester dan lain-lain setau saya sama sih…
      Semoga menjawab pertanyaan yaa…

    1. Semuanya pilihan ganda kok, tidak ada essay… Sebenarnya soalnya tidak sulit kalau hafal rumus rumus dasar, lebih sulit soal latihan UN menurut saya…
      Pelajari aja matematika dasar, pasti bisa kok hehehe, semangat ya…

    1. Wah saya kurang tau kalau begitu… Kalau saya sih di bagian matematikanya lumayan bisa, kecuali untuk soal statistika yang perlu hafalan rumus ya…
      Berdoa saja semoga bisa diterima yaa…

  2. kak mau tanya dong tkps itu khusus yang beasiswa aja atau non beasiswa juga? kemaren saya kan baru beli fomulir pendaftaran kebetulan saya mau ambil jurusan HI terus kata administrasi disana tes hanya psikotes doang. nah TKPS sama psikotes itu sama tidak? dan apakah tes ini betul-betul menentukan kelulusan?

    terimakasih tolong dibalas yah:D

    ohiya satu lagi kak soalnya tuh full english atau ada bindo juga?

    1. Setauku kalau TPKS itu buat semua gelombang ya, baik yang beasiswa maupun yang non beasiswa.

      Waktu pas saya beli formulir saya diberitahu bahwa tesnya mirip psikotes juga, jadi seharusnya TPKS itu sama dengan psikotes tapi ala Binus, dan pastinya tes ini menentukan kelulusan juga, kalau untuk gelombang beasiswa juga untuk menentukan besaran beasiswa yang akan diterima nantinya.

      Untuk tesnya menggunakan Bahasa Indonesia, kecuali untuk tes Bahasa Inggrisnya ya… 🙂
      Terima kasih telah berkomentar… Semoga berhasil masuk Binus yaa…

    1. Kalau untuk hal teknis seperti itu saya kurang tau deh, mungkin bisa langsung ditanyakan ke pihak Binusnya

  3. Kalau di tes TPKSnya yg logic dan abstraction ada nomor yang belum siap karena habis waktu, apa itu auto ngk lulus atau masih ada pertimbangan ya kak?

  4. Kalo jurusan bisnis manajemen yang kampus bekasi itu pendaftaran onlinenya ke binus mana ya kak? soalnya aku mau daftar online binus banyak macemnya ada binus business school ada binus international.

    kemudian untuk tesnya ga ada fisika atau kimia gitu kan kak?

    1. Kalau untuk masalah pendaftaran mungkin bisa langsung menghubungi pihak Binus ya hehehe…
      Untuk tesnya tidak ada fisika dan kimia kok hehe

  5. Hai ka, mau nanya, aku juga daftar lewat jalur beasiswa, pas kaka daftar langsung keluar jadwal tpks nya atau engga?
    Soalnya aku udah bayar dari tanggal 25 april tapi sampai sekarang belum dapat jadwalnya dan syarat syarat beasiswa

    1. Langsung keluar jadwal TPKS nya kok, mungkin bila ada masalah terkait pendaftaran bisa langsung menghubungi pihak terkait, terima kasih…

  6. Kk tesnya harus ke binus kah?
    Atau ada di kota” tertentu gitu kk.
    Soalnya saya org medan.
    Misalnya tesnya di binus jakarta sangat jauh kk…
    Heheehhee😊

    1. Kalau saya sendiri saat tesnya datang ke Binus langsung. Namun untuk ada atau tidaknya tes di tempat lain mungkin bisa ditanyakan langsung ke bagian admisi. Semoga bisa diterima di Binus ya nanti…

  7. saya albeth marshal,besok saya akan melakukan test beasiswa tersebut saya harap bisa mendapat beasiswa 100% dan terimah kasih atas informasinya kak…doain saya ya kak agar mendapat beasiswa 100% teknik sipil binus AMIN INFINTE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *